Sunday, August 24, 2008

Maaf..Jika Saya Matre...!

Hmm..sepertinya memang judul yang pas, karena sebenernya gue gak bermaksud matre sama sekali, tapi ketika sebuah kesadaran tidak juga datang akhirnya semua akan kembali ke sebuah nilai Rupiah.

Sabtu sore pulang dari kampus, karena gue maen dulu ke kost temen yang ada di Mampang. trus gue pulang lewat Buncit 4-5 ke arah Al-hikmah. Rute yang biasa gue jadikan alternatif klo males lewat jalan besar. Memang di situ lebih banyak orang2 berlalu-lalang, karena emang daerah tempat tinggal. Jalannya juga gak lebar. tp cukup untuk 2 mobil yang berlainan arah.
Gue mengendarai motor gue dengan santai dan biasa aja, dan ketika sampai di sebuah turunan, yang cukup curam, ternyata gue harus ngantri (sedikit macet) maklum di turunan itu memang jalannya lebih menyempit dikit sehingga jika ada 2 mobil yang ingin lewat dari arah yag berlawanan harus bergantian. Kebetulan saat itu di depan gue ada mobil sejenis kijang kapsul (lupa plat nomernya) yang lagi ngantri sebab di arah berlawanan ada mobil Tronton yang mau lewat juga, dari jauh gue liat kalo bakal ada sedikit macet karena ada antrian itu, mau buru 2 ngejar supaya bisa nyalip ke depan mobil kijang itu. tapi pas gue intip ke arah kanan gue, dan gue liat udah ada mobil tronton, ya udah gue langsung urungkan niat buat nyalip tuh Kijang, dan gue berhenti di belakang Kijang tersebut dengan jarak yang lumayan jauh (hampir 1/2 meter).
Kemudian gue denger klo tronton itu gak bisa jalan, karena si Kijang udah terlanjur maju, sedangkan 2 kendaraan itu bisa tetap berdampingan melaju klo berada di salah satu sisi turunan yang sedikit lebih lebar, cuma karena si Kijang itu dah terlanjur maju, jadi tronton gak bisa lewat, dan si Kijang harus sedikit memundurkan mobilnya, agar Tronton bisa maju dan Kijang juga bisa lewat. Gue sadar klo gue di belakang Kijang yang akan mundur, gue pun berinisiatif memberi peringatan klo gue ada di belakang tuh Kijang dengan meng-klakson berkali2. Walo jarak gue cukup jauh, tp gue tetep kloakson-in, karena gue juga terperangkap dan gak bisa mundur ato jalan kemana2, puter arah pun dah gak sempet.
Dan yang terjadi adalah, pas Kijang mundur, gue dah klakson dan orang2 sekitar juga dah peringatin kalo ada motor di Belakang Kijang, tapi si kijang tetep mundur, gue dah ngeri klo sampe kena motor gue, makanya gue tetep Klakson tapi si Kijang tetep mundur sampe akhirnya
"Krakkk..."
bunyi Spackhboard gue tambah retak (awalnya emang dah retak sie, tp gak begitu parah) dan jadi parah bgt, tapi gak berakhir di situ, si Kijang masih mudurin mobilnya, padahal gue tetep klakson dan orang2 juga dah teriak2 klalo ada gue di belakang. Sampai akhirnya gue dah pasrah, motor gue tetep di tabarak, dan gue hampir gak bisa nahan motor gue yang mau jatoh, baru kayaknya si Kijang sadar akhirnya berhenti mundurin mobil.
Setelah kejadian itu, pemilik Kijang gak ada inisiatif utnuk melihat keadaan yang cukup bikin kisruh, dia malah dengan santainya melaju setelah Tronton bisa lewat. Gue yang merasa di rugikan berusaha ngejar tuh Kijang, gue hampir gak peduli klo gue gak konsen nyetir. Gue kejar tuh Kijang dan pas gue dah sampe di samping kaca pengemudi, gue klakson terus, tapi pengemudi gak sedikitpun berusaha untuk tau apa yang terjadi, bahkan dia gak buka jendela kaca mobilnya. Akhirnya gue bisa jegat dia, gue ketok2 kacanya, trus ini sedikit percakapan antara gue ama pengemudi (kebetulan Tante2 gitu ama anak cowonya) :
Gue : "Bu tanggung jawab donk, kayak gitu tuh motor saya, gak liat apa tadi ke spion ?"
Dia : " Emang gimana sie rusaknya?"
Gue : " Tuh kayak gitu ampe retak & bengkok" **sambil nunjuk ke arah spackboard**
Dia : Diem aja. malah berusaha jalan lagi.

Sedikit shock. akhirnya gue kejar lagi. dan gue jegat dengan memposisikan motor gue dipinggir mobil dia, yang bikin dia juga gak bisa bergerak.
Gue pun turun, sambil nahan emosi di capur deg2an, gue ketok2 lagi kacanya, gue ngomong lagi ke dia

Gue : " Bu gimana nih, emang tadi gak liat ke spion apa, sampe motor saya di tabrak ?"
Dia : "Gak tadi soalnya mobil yang mau lewat gede banget"
Gue : --berpikir-- *apa hubungnannya mobil gede ama spion.jelas2 mobil gede itu arah berlawanan dia, di depan dia*
Gue : " Ya udah gimana nih Bu. saya minta ganti donk"
Dia : " Ya udah mau minta berapa sie ?" -dengan nada merendahkan-
Gue : --dengan cueknya-- " Kemaren saya pernah tanya 85 ribu"
Dia : --langsung cari dompet. trus keluarin uang 100 ribu-- " Ya udah nih, buat kamu ambil aja kembaliannya"
Gue : " O ya udah makasih, gpp nih bu ? maaf ya..abis ibu gak liat2 spion sih "
Dia : "Iya2, udah ya"
Gue : --langsung cabut, jalan ngebut--

Awalnya gue gak berniat minta ganti rugi, tapi karena gue ngerasa di rugikan dan orang itu gak sedikit pun mau sekedar tau apa yang terjadi dengan motor gue. Orang itu juga gak ada inisiatif untuk meminta maaf, bahkan sampe deal rupiah terjadi dia gak mengucapkan MAAF sekalipun. Malah gue yang minta maaf.
Udah gitu, gue juga terdorong ama orang2 di sekeliling gue, yang pada teriak, "MInta ganti tuh mba. jangan mentang2 dia bawa mobil..kejar aja" Hehehhe kena provokator juga gue :p
Sebenernya klo ada rasa tuh orang mau sekedar minta maaf dan gak berusaha kabur, gue pun dengan ikhlas memaafkan dia, dan gue gak berpikir untuk minta ganti rugi. Tapi dia bertindak seakan dia gak salah, seakan dia bisa kabur gitu aja ninggalin gue yang mungkin dia pikir gue takut. hehehehehe maap ya Tante gue dah punya SIM jadi gue dah berani untuk menuntut hak gue klo gue merasa di rugikan..
Itu sebabnya, gue jadi matre karena ini. Emang itu dah hak gue, cuma gak semuanya bisa di nilai dengan uang kok. Kalo aja dia mau mnta maaf, gue rasa gue gak akan sebenci ini ama orang itu (walaupun gue gak kenal samasekali).


Pelajaran yang bisa gue petik kali ini adalah :
Kalo kamu punya salah, berbesar hatilah untuk meminta maaf, dan Jangan pernah merendahkan orang hanya dengan rupiah.

No comments: