Saturday, March 24, 2007

Tour 3 Kota

"Kulayangkan pandangku melalui kaca jendela..
Dari tempatku bersandar Seiring lantun kereta..
Membawaku melintasi tempat-tempat yang indah..
Membuat isi hidupku penuh riuh dan berwarna.."

(Perjalanan By Padi)

Tanggal 17 Maret - 20 Maret kemarin gue melakukan Tour 3 Kota (Semarang - Solo - Jogja), berikut catatan perjalanannya :
17 Maret
Jam 5:50 pagi keluar dari kost-an trus jegat P.20 menuju Stasiun Senen, sampe sana baru jam 6:20an langsung cari ganjelan perut di DD, sambil laporan ke orang2 klo dah mau berangkat. Jam 7an keluar dari DD menuju ke tmpt duduk di Kerata. Tepat jam 7:15 Fajar Utama Semarang berangkat meninggal kan St. Senen. Awalnya gue cm mau tidur di kereta, aslie ngantuk bgt...cuma ternyata gak bisa, karena kebetulan gue dpt teman sebangku yang menyenangkan, dan akhirnya ngobrol2 ttg Semarang...ttg Dia..ttg apa aja....
Sampe Stasiun Tawang jam 3 sore, telat 15 mt dr jadwal yg seharusnya. Di sambut oleh guyuran hujan yg cukup deres. Dan gue harus menunggu Fame yg katanya masih di puter2 ama tukang angkot Semarang huahahaha...
Jam 4 akhirnya bertemu Fame, namun hujan tetap mengguyur kota Semarang, yang akhir nya mengubah itinary kami (berdasarkan itinary, dari St.Tawang kita mau langsung puter2 Kota Lama). Gue & Fame sepakat cari penginepan dulu di daerah Simpang Lima, maka naiklah kami ke sebuah angkot dan meluncurlah angkot tsb ke daerah Simpang Lima...Eh gak sampe Simpang Lima dink...cm kata si supir angkot klo jalan ke arah yg dia tunjuk (gue lupa dia nunjuk ke arah mana, pokoke yaa itu lah :p) dan ikutin jalan itu akan sampe ke Simpang Lima. Berhubung gue belum makan dari pagi (cuma makan bbrp donat), so gue memohon kepada Fame utk cari makan dulu, ya udah, sblm mencari2 penginepan kita makan Soto Bangkong, yg ada di Jl. Brigjen Katamso 1. After makan, mencoba telp ke penginepan2 yg udah kita list sblm nya, tapi walhasil gak ada yg kosong alias fully booked...dan keluar dari rmh makan tsb kita mulai berjalan menyusuri kota Semarang ke arah Simpang Lima...sambil liat kanan-kir..sapa tau ada penginepan. Rintik hujan yg menemani kami sore itu tdk menghalangi langkah ku dan Fame utk terus berusaha cari penginepan...sampai akhir nya kami menemukan sebuah penginepan yg ada di pinggir jalan A.Yani, awalnya ragu utk masuk, krn sblm nya pas di telp org sana blg klo udah gak ada kamar kosong.. "coba masuk aja dulu, sapa tau ada" kata Fame positif (pdhl H2C juga tuch :p).
jeng..jeng..jeng..jeng.. **backsound sinetron** ternyata eh ternyata masih ada aja gitu kamar kosong..dan sepertinya jg msh bnyk...krn lumayan sepi tuh penginepan... Fiuhhhh Alhamdulillah....at least gak jadi tidur di Masjid :))
Sesampainya di kamar...sambil istirahat kita menyusun itinary baru, after that...mandi dan bersiap2 memutari kota Semarang di malam hari...
Sekitar jam 7an keluar dari penginepan dan tujuan pertama kami adalah Gombel karena kata orang2 yang udah pernah ke sana, view nya klo malem bagus bgt...Sampe di sana jam 8an...dan stlh memesan Roti & Pisang Bakar plus Ovaltine kami baru tau klo angkot yg dr situ menuju Semarang bawah a.k.a daerah Simpang 5 cuma beroperasi sampe jam 9...panik lah kami...tapi syukurlah ada tebengan pulang ke bawah..thx to Lilo. Sekitar jam 10an kita meluncur ke bawah dan sblm ke penginepan...berkesempatan mencicipi Tahu Gimbal khas Semarang.
Jam 12:30an malem sampe di penginepan yg sblm nya di "bumbui" dgn ke-sasar-an plus peng-ikut-an oleh seorang pria tak di kenal yg mengerikan...**akibat ke-sombong-an gue & Fame yg gak mau di anterin sampe penginepan** (buat Fame & Lilo.... klo baca JANGAN KETAWA :p)

18 Maret
Jam 5:30 udah siap2 mau ke Kota Lama, walau dgn mata yg msh kriyep2 namun semangat '45 kami tak hilang oleh ajakan bantal & kasur yg mulai menggoda (alaaahhh apaan sie :)). Di depan gerbang penginepan, di tawari oleh tukang becak..dan slth berhitung plus tawar menawar akhirnya kami memutuskan utk naik becak ke daerah Kota Lama. Selesai ambil bbrp gambar, maka meluncurlah kami ke Lawang Sewu masih dgn becak yg sama. Ada hal yg membuat kami amaze...gue & Fame adalah pengunjung pertama Lawang Sewu pada hari itu..huahahahaha....
Puas di menjelajah Lawang Sewu...lalu melanjutkan perjalanan ke kuil Sam Po Kong yg perjalanannya lumayan jauh...mana matahari pagi udah mulai bersinar terik. Agak kecewa pas di Sam Po Kong, soale gak boleh masuk area sembahyang, cm boleh sampe tangga2 aja :( tp lumayan lah...cape di situ langsung balik ke penginepan. Saat itu msh menunjukkan jam 9an dan stlh pikir2 gak mungkin langsung ke Solo..krn msh terlalu pagi...sempet tanya2 ma Bapak Becak, tmpt mana lagi yg mesti di kunjungi lalu beliau menyarankan ke Gedong Songo tepatnya di daerah Bandungan. Sambil mengistirahatkan kembali mata kita yg sudah gak kuat nahan beban...lalu sambil berpikir apa sebaiknya mencoba mengunjungi Gedong Songo itu..hmm...
Stlh puas mengistirahatkan mata, jam 11an kami pun bergegas "isi bensin" di salah satu mal dkt Simpang 5. Abis makan jam 1an check out dr penginepan, dan langsung menuju arah Bandungan utk mengunjungi Gedong Songo. Kendaraan yg kami tunggu pun akhirnya tiba stlh +/- nunggu 1/2 jam. Perjalanannya cukup jauh, dan agak sedikit macet pas udah sampe tanjakan2 (mbuuhhh itu di mana..). Ada kejadian yg seharusnya gak mau gue ceritain di sini, tp yaa buat pengalaman aja, spy jgn sampe kejadian ma tmn2 yg mau ikutin jejak kita. Tips..klo mau ke Gedong Song, bilang ato tanya ma org Gedong Song, bukan Bandungan, karena kita salah masuk area, yg kami kira adalah Candi Gedong Songo namun apa yg kami temui adalah hanya taman bermain yg GAK PENTING, sumpah gak penting...cm ada kolam renang dduuuhhhh pokoke gak penting deh...!!!!
Actually hampir nyerah, gak mau lanjut ke Gedong Songo, krn cuaca jg gak mendukung..ujan cukup deres..udah jam 2:30 jg..dan perjalanan msh cukup jauh...tp kembali ke tekad kita bahwa Merdeka atau Merdeka...jadi dgn semangat '45 kita memulai perjalanan kembali. Singkat cerita sampailah kami di Gerbang Gedong Songo, dr situ masih 3 km lagi utk sampai ke Candi-nya. Ojek, adlh satu2nya kendaraan umum yg bs membawa kami ke pintu area itu. Sampe pintu masuk, setelah beli tiket, langsung bergerak menuju candi2. Ada hal yg cukup lucu mnrt gue...ketika orang2 pada mulai turun karena ujan yg lumayan deres plus kabut yg semakin tebal...gue ma Fame tetep menaiki jalan setapak nan-curam utk satu tekad kami menuju Candi...walau jarak pandang hanya 1 meter...namun gak menyurutkan semangat kami...MERDEKA !!!
Akhirnya satu demi satu kami temukan candi tsb...tapiiiiii...........kita gak berhasil sampe candi terakhir, huaaaaa................krn udah semakin sore, dan kita harus cepet2 keluar dr daerah situ sblm gak ada angkot yg akan membawa kami keluar dari daerah Bandungan.
Sekitar jam 6an akhirnya gue ma Fame udah berada di dalam Bus yg membawa kami ke arah kota Solo dan jam 8an malem akhirnya sampe juga di rumah Fame di daerah Bangak di desa Denggungan. Abis menyantap nasi goreng dan mandi, lalu kami pun tertidur pulass...lass...lasss...