Sunday, April 15, 2007

Jakarta Mystery Walks



“Malam ini indah penuh dengan warna
Yang selalu menghiasi sudut KOTA
Malam ini indah penuh dengan cahaya
Yang selalu menerangi sudut KOTA...”


(Malam Indah BY Iwa K)



Sabtu kemarin gue ikut acara Jakarta Mystery Walks, yg di adain di daerah Kota. Tadinya gak kebagian tiket, baik utk tgl 14 maupun tgl 28 bsk, Cuma Alhamdulillah dapet juga, dari seorang peserta yg tiketnya di lelang, krn temen2nya pd gak bs ikutan, thx to Mas Ndae. Gue dateng di temenin ama Anna, yg tadinya jg blm dpt tiket, but Alhamdulillah (lagi), msh ada yg mau jual hehehe…thx to Mba Tetty.

Acara mulai jam 8:15 malem, kumpul di Museum Fatahillah. Gue sampe jam 7:40, registrasi, trus sembari nunggu mas Ndae-krn gue harus bayar ke dia-gue makan malem yg udah di siapin panitia. Saat itu cuaca kurang bagus, krn ujan yg mengguyur wilayah Jakarta dan sekitarnya. Tapi pas gue selesai makan ujannya dah berhenti.
Jam 8:20an acara di mulai dgn bbrp sambutan2 plus tata tertib selama acara berlangsung. Ada yg cukup bikin gue shock pas denger salah satu tata tertib nya, which is “Gak Boleh Ambil Foto”....pas denger itu rasanya gue mau pulang aja, abis tar gue gak bs jepret2 sana-sini dunks, kan itu salah satu tujuan gue. But Thx God ternyata gak boleh ambil foto/gambarnya adalah pd tmpt2 tertentu, spt di tmpt arca2 asli kuno gitu, krn di takutkan akan ada duplikasi jika ada yg motret, ya pokoke kurang lebih begitu lah, Fiuhh...!
Setelah acara sambutan2, peserta di bagi menjadi 4 kelompok yg masing terdiri dr 25 peserta dan akan di bimbing oleh 2 org panitia yg bertugas menerangkan tmpt2 yg akan di kunjungi, gue kebagian kelompok 3. Sekitar jam 9-an acara berkeliling pun di mulai, kelompok gue mulai dari luar, tepatnya Meriam (..?..), trus lanjut ke sumur tmpt pembuangan kepala manusia pd saat terjadi pembataian. Selesai di situ, ngintip ke Penjara Bawah Tanah utk laki2, di mana tingginya cm 1,5 Meter dan dalem nya itu jg gak luas..kurang lebih 4x3M (CMIIW), yg biasanya di isi 50 orang bahkan lebih. Kebayang gak sie, betapa sumpek nya, gue aja yg masuk ke situ dgn 24 peserta plus panitia udah berasa sumpek, pengep, dll gmn klo 50 org lebih...sadis ya. Trus katanya nih, klo pas air laut pasang, itu air nya bs masuk ke dalam penjara itu, dan para tahanan itu kerendem air yg kadang sampe leher..hiiiii duuhhh merinding sendiri gue ! Oia, di penjara bawah tanah itu jg ada bbrp bola2 besi, yg konon utk nge-rante-in para tahanan. Tapi ada yg blg jg klo bola2 besi itu utk mesiu nya Meriam yg ada di luar td. Berat bola besi itu kurang lebih 20 KG (CMIIW).
Puas di penjara lanjut ke lantai 2, di mana di situ ada bbrp ruangan yg terbagi2 sesuai fungsinya. Nah klo penasaran ruangan apa aja, mending dtg sendiri aja ke sana..hehehehe....**alesan pdhl lupa nama2 ruangannya, krn keasikan foto2 :D ** Sssttt...gosip nih, katanya di salah satu ruangan di situ, pas ada salah satu peserta dr kelompok lain ambil foto, dan pas di liat hasilnya ada PENAMPAKAN...Hiiiii
Setelah selesai jelajah ruangan2 yg ada di gedung utama, next stop is Penjara Bawah Tanah utk Wanita, yg konon katanya (lagi) di situ ada hal2 mistis yg kental bgt. Sebelum masuk ke penjara tsb, tiap kelompok kudu ngantri dulu, soale di dlm situ bukan Cuma liat aja, tp ada yg cerita2 sedikit ttg sejarah penjara tsb, yg cerita itu namanya Bang Yahya, orang Betawi asli. Nah selama gue nunggu antrian, ngobrol2 ama peserta lainnya, dan dpt temen yg seru2. Ada Femmy yg cool, calm & confident (ssttt....semua yg lu baca itu GAK BENER :D), ada Ari yg punya gaya andalan klo lg motret, ada Agus yg dtg tak di jemput pulang tak di antar, abis suka muncul & hilang scr tiba2. Lalu ada Nova, yg selalu sibuk dgn HP-nya dan cari2 “mangsa”, hehehe.... Sekitar jam 11an giliran kelompok gue masuk, sebelum bang Yahya cerita smua senter di matiin yg akhirnya membuat tuh ruangan bener2 gelap. Gue yg udah agak sedikit ngantuk, dpt ruangan gelap, udah deh tambah bawaannya mau merem aja :p Di dalam situ kira2 10-15 mt. Setelah semua kelompok selesai perjalanan berikutnya adalah menuju kawasan Pecah Kulit. Untuk menuju ke kawasan itu kurang lebih harus menempuh jarak 1 KM-an. Ngelewatin Stasiun Kota juga, dan sedikit di jelasin ttg Stasiun tsb. Trus juga ngelewatin Gereja Sion yg mnrt sejarah itu adalah Gereja Pertama yg di bangun, dan msh ada sampai sekarang. Hal unik dr Gereja tsb adalah, mempunyai Mimbar Gantung. Sayang nya kita gak bisa masuk ke situ krn memang gak di buka.
Sampe di Pecah Kulit, di jelasin lagi asal muasal nama Pecah Kulit itu. Asal nya di namain begini, krn tmpt tsb merupakan tmpt eksekusi seorang pemberontak yg bernama Pieter Erberveld. Dia di hukum oleh kompeni krn berkhianat mau membantu pemberontakan orang2 Indonesia. Mau tau di hukum nya gmn ? hmm...makanya baca buku sejarah he3x
Sayang nya daerah Pecah Kulit itu udah di di modernisasikan, klo penasaran kyk apa bangunan skrg, nah dtg aja sendiri :p Cuma sejarah nama tsb seru lho, makanya sekali lagi baca buku sejarah huahahahha.....(eh tp gue membuka layanan tanya jawab by email, wakakkakakak...kyk gue pakar sejarah aja :D)
Selesai dari Pecah Kulit, balik ke Fatahillah, trus acara penutupan, foto2 bentar, trus selesai deh, kira2 jam 1an. Tapi gue gak langsung balik, karena gue gak tau mesti balik pake apa, soale dah gak ada bis dini hari gitu, dan dtg ke situ pun gak bawa kendaraan.Mau nebeng ama tmn2 baru pun gak memungkinkan, krn mereka beda arah plus cm bawa 2 motor. So sampe jam 1:30an msh blm tau mau ngapain, dan begadang di kawasan itu pun cukup mengerikan. Tapi Alhadulillah akhirnya stlh tnya ke panitia yg kebetulan msh ada di situ, ada tebengan ke arah Thamrin. Ya udah akhirnya gue ma Anna nebeng sampe Thamrin, trus ke MC’D 24 jam. Ngetem di situ sampe jam 5:30 pagi. Lalu menuju Blok-M, krn kebetulan kakaknya Anna mau beli kue di situ. Trus pulang, sampe kost-an sekitar jam 7.

Overalll acaranya seru, seneng aja berkesempatan liat Museum Fatahillah di kala malam hari. Sumpah gelap bgt, makanya hasil fotonya kyknya kurang bagus. Soale minim cahaya, klo pake blitz esensi malem nya gak berasa. ** alesan pdhl emang gak bisa motret** Yahh pokoke begitulah kira2 acaranya, paling gak malem minggu gue kmrn gak sepi, bisa ketawa2, seru2an ama temen baru ^_^

1 comment:

deshinta said...

hai still remember me? salah 1 panitia,ithu lho yg guiding di pecah kulit =)