Monday, June 4, 2007

Sebuah Kisah Perjalanan Ku

No time to search the world around
Cause you know where I'll be found
When I come around…

(When I Come Around BY Green Day)


Perjalanan gue kali ini adalah untuk yg pertama kali terjauh dan SENDIRIAN. Sebenernya sih maunya pergi ama someone special **pake telor :D** tapi berhubung orang special nya lagi gak ada ya udah jalan sendirian aja. Agak ragu juga sih awalnya, krn perjalanan kali ini cukup jauh & medannya yg bener2 blm gue tau. Mencoba ajak bbrp temen, cuma bentrok dgn jadwal mereka yg masih kerja, blm dpt cuti, dll. Dan karena gue keukeuh mau pergi ke Bromo pd tgl itu [29 Mei] ya udah akhirnya NEKAT jadi modal utama gue. Berbekal bbrp informasi yg dah di kumpulin dr kmrn2, akhirnya perjalanan gue pun di mulai.

29 Mei
Berangkat dari rumah sekitar jam 13:00-an menuju Terminal Lebak Bulus, cuma pamit ma bokap, itupun blg nya mau jalan ke Probolinggo, gak bilang ke Bromo xixixixi [sorry Pa :) ]. Naek Metro Mini ke Mampang, trus nyambung Kopaja ke Lebak Bulus. Sampe Lb.Bulus msh jam 1:30-an, dan bus-nya blom dtg **Ya iyalah, di tiket kan tertulis brkt jam 14:30**. Lumayan BT nunggu ampe sejam-an di terminal nan panas kala itu, mana sendirian. Finally, jam 14:20 bus nya dtg, langsung menuju bus & cari tmpt duduk. Baru 5 mt duduk, ada sedikit “kerusuhan” yg akhirnya memaksa gue pindah duduk, krn petugas yg bikin tiket buat gue itu salah nulis **whatever, yg penting tetep dpt duduk di pojokan**. Jam 14:50 bus nya beranjak keluar dari terminal [telat 20 mnt dr jadwal]. Di dalam bus, ngobrol2 bentar ama samping gue, seorang ibu yg akan menyusul anak nya di Jember. Mungkin karena gue cape’ bgt kali ya, krn kemarin2-an mesti ngejar kerjaan yg pending sblm cuti 3 hari, jadinya di sepanjang perjalanan Cuma tidur aja. Ampe ibu2 sblh gue itu bingung, kok ya bisa gue tidur mulu, sedangkan dia gak bisa tidur klo naek bus gitu **trus salah gue ? salah temen2 gue ?!?!? :D **

30 Mei
Pagi2 masih ada di perjalanan, Fiuhhh bener2 perjalanan yg jauh…kasian bokong gue, cm istirahat sebentar2. Sekitar jam 10:50 Akhirnya sampe juga di daerah Probolinggo, tapi bus-nya gak masuk terminal Banyuangga, so gue kudu nyebrang dulu trus naek angkot ke terminalnya. Di angkot, sekalian aja tanya2 ama sopirnya, trus di ksh tau mesti naek apa klo mau ke Cemoro Lawang, plus di tunjukin tmpt Elf tsb mangkal. Sampe di Elf jurusan Cemoro Lawang yg sepi bgt, alias cm gue doank penumpangnya, membuat gue rada jiper. Agak ngeri juga, ngeri org2nya, ngeri klo gak ada penumpang lagi yg mgkn bs membuat gue stuck di terminal. Udah gitu di tanya2in mulu ama sopir & kernat yg pd mangkal di sana. Terpaksa bo’ong se bo’ong2nya, gue blg aja klo gue mau ketemu temen di sana. Dan karena yg nanya mayan bnyk pada gantian dengan pertanyaan yg itu2 mulu, dan kadang semakin mendesak gue dgn pertanyaan2 yg gue pun bingung jawabnya apa, krn gue kan bo’ong. So gue blg aja ama para pe-nanya : “ Maaf ya mas, bisa gak kalo gak tanya2 mulu, saya gak mau di tanya2in nih”. Walaupun mereka kadang masih tetep pasang gaya nanya, gue cuekin aja.
Di Elf itu cukup lama nunggunya, dan akhirnya gue di suruh naek Elf lain, yg ternyata udah penuh penumpangnya. Walhasil gue menyempil di antara org2 yg pd ngomong dgn bahasa Jawa “aneh” . Namun, walaupun Elf tsb dah penuh sesak, tapi tetep aja tuh Elf masih ngetem di luar terminal, yg sungguh bikin bokong gue tambah kempes. Dan karena terlalu lama tuh Elf ngetem, bnyk penumpang yg akhirnya memutuskan turun trus cari angkot lain, yg membuat Elf nya ngetem lebih lama. Finally jam 12:30 Elf bergerak meninggalkan tmpt ngetem-nya stlh ada seorang penumpang yg protes krn kelamaan nunggu. ** ya bayangin aja nunggu ampe 1,5 jam lebih**
Ketika Elf memasuki Desa Sukapura ujan deres bgt, dan penumpangnya tinggal gue, 2 org bule yg duduk di samping sopir angkot. Sisanya ada sopir, 2 org “kroni” nya si sopir. Sempet rada cemas jg sie, ya jalanan yg di tempuh itu berkelok2, ujan, naik ke arah atas gitu lah. Dan salah satu kroni nya si sopir smpt heran ma gue, karena katanya kok gue berani ke Cemoro Sendirian. Yaaa dia gak tau aja, gue agak ngeri juga, cm gak kasih liat tampang takut gue aja :D
Jam 14:30 sampe juga di penginepan Cemara Indah yg kebetulan penginepan yg sama ama 2 bule itu. Check-In pilih2 kamar **bukan check-in ama tuh bule loh ya :p ** sayangnya semua kamar di peruntukkan utk 2 org, jd gue terpaksa deh mau gak mau pilih kamar buat double. Dapet kamar, trus istirahat bentar di sana. Lalu kembali ke restorannya, mesen makanan, kelaperan, krn terakhir makan nasi pas makan malem di bus. Abis makan balik ke kamar, mandi-dgn air yg rasanya kyk aer ES, trus balik lagi ke depan, mesen teh anget sambil liat TV. Dan setelah gue amati, gak ada org pribumi yg nginep di situ Cuma bule2 aja.
Jam 19:00 balik ke kamar, beres2 bentar, sambil planning abis dr Bromo mau ke mana. Akhirnya memutuskan ke Malang. Tanya tmn penginepan di sana, tp kok kyknya ada yg aneh. Trus akhirnya tanya Abang gue, tanya tmn dia yg di Malang, dan akhirnya berkat bantuan Abang gue yg paling baek hati itu, gue bs di ”bimbing” selama di Malang oleh seorang temennya. Berhubung gue cape’ bgt plus kedinginan, akhirnya gue tidur. **FYI udah pake double jaket plus selimut msh kedinginan**

31 Mei
Jam 00:00 HP nyala, menandakan hari dah berganti. Tapi balik tidur lagi :D but jam 3 pagi Abang gue nan baik hati itu telp, ngucapin Met Ultah **Hebat...the first Man, stlh dulu pernah gue cuekin krn lupa ma ultah gue :p ** . Trus siap2 krn jam 3:30 dah harus kumpul utk brkt ke Pananjakan. Jam 3:53 berangkat menuju Pananjakan, wew...gue penumpang pribumi satu2nya di Jeep itu selebihnya 4 org Perancis, 1 Jepang. Eh tapi tentunya si sopir org pribumi asli :D
Sampe Pananjakan jam 4:50 dan ternyata bukan hanya mobil kita aja yg ada, dah bnyk org jg. Langsung cari tmpt PW utk mengamati semuanya. Lumayan desek2an juga sie, tp gue msh dpt space lah. Smpt ngobrol2 ama org Jepang yg td bareng di mobil. Trus juga ama 1 org Inggris yg satu penginepan, dia Backpacker-an di Indonesia udah hampir 1 bln, jadi IRI :(
Walau kabutnya msh tebel bgt kala itu, trus gak dpt sunrise yg bagus, but gue seneng coz finally gue bs berada di tmpt itu, di tmpt yg gue inginkan di saat gue bertambah usia, melihat hasil karya Pencipta gue. Puas ambil bbrp gambar, tp krn gue brkt sendirian jd cm bs ber-narsis dikit. Jam 6:10 beranjak menuju Gn.Bromo, pas sampe sana jam 6:50 dan sopir jeep nya blg klo jam 7:30 dah harus balik ke mobil, soale jam 9 dah harus cabut dari penginepan tuh bule2. Walhasil gue bersama 4 bule lainnya [gue ikut mobil yg beda, soale mobil pertama td dah duluan]. Sampe di kaki gunung Bromo, para penjaja jasa kuda pd rebutan nawarin, tp gue bersikeukeuh utk jalan menuju puncak, krn gue pikir gak berat kok track nya. Gue menyusuri nya sendirian, para bule itu ada di blkg gue, eh tp di pertengahan jalan, bule2 itu malah mendahului gue, mereka kuat bgt jalannya. Gue dah ngos2an kecapean, apalagi pas di tangga, rasanya kaki gue tuh mau copot. Mungkin klo jalannya santai gak akan berasa kali ya, lha ini gara2 cm di ksh wkt sebentar makanya buru2 jalannya. Sampe di atas...WOW pemandangannya indah bgt, ambil gambar trus minta tolong org utk membuat diri ini sedikit narsis. Pas msh mau minta tolong foto-in lagi eh gue di telp. Sempet kaget jg sih, kok di atas gunung bs trm telp. Ya udah krn gue kelamaan telp2an jd si mas2 yg gue minta tolong itu keburu turun, gak enak jg minta dia nungguin gue.
Puas di atas puncak kembali turun dan kali ini gue mencoba rasanya naek kuda, heheheh dah sejak TK gue gak pernah lagi naek kuda. Sampe jeep langsung balik menuju penginepan, smpt mampir ke Pura sih, cm foto dikit krn Pura nya di tutup. Jam 7:50 dah sampe penginepan lagi, trus sarapan. Abis sarapan balik ke kamar dan beres2.
Jam 9 cabs dari penginepan, naek Elf yg udah di siapin jg dr penginepan itu. Tp teuteup baru jalan 5 mnt, Elf nya ngetem nunggu penumpang penuh, BT rasanya, akhirnya gue tidur aja. Bule samping gue jg tidur, kecapean kyknya. Jam 11:15 sampe juga di terminal Probolinggo, langsung cari kamar mandi, coz dah kebelet. Abis dari toilet, langsung cari bus jurusan Malang...SIP langsung dapet, duduk pula. 11:40 Bus meluncur keluar terminal menuju Malang, TAPI tiba2 aja pas udah in the middle of nowhere **ini khusus gue krn bener2 gak tau ada di daerah mana** jalanan MATI...mksdnya akses utk tetep ke Malang di tutup. Itu gara2 ada kasus penembakan oleh TNI di daerah Pasuruan gitu lah, gue jg kurang paham. Pokoke yang pasti gue stuck di jalanan yg entah di mana [msh di daerah Probolinggo kyknya]. Busnya gak bisa jalan, gosip2 katanya baru di buka jam 9 malem, GILA APA ?!?!? gue mulai panik, org2 di bus itu jg mulai bingung. Bnyk sih tukang ojek yg menawarkan sampe ke daerah Ngopak [sorry klo salah] nah dr situ bs lanjut pake angkot lagi. Gue gak mgkn nunggu sampe jam 9 malem lah, mau jadi lumutan apa, mana gue dah blg ma tmn abang gue klo kita janjian di Arjosari jam 3-an. Ya sud akhirnya, setelah melihat para penumpang Bus pada turun melanjutkan perjalanan dgn ojek, gue pun ikut2an aja. Sampe Ngopak sekitar jam 13:00 trus langsung cari angkot ke arah terminal Lawas Pasuruan [hasil tanya2 klo mau ke Malang kudu ke terminal Lawas dulu, dr situ nyambung lagi]. Jam 13:20 sampe terminal trus nyambung Elf besar ke arah Malang, Fiuhhh....!
Setelah hampir 1 jam ketika hampir memasuki Kabupaten Malang, kembali hujan mengguyur wilayah tsb. Weleh..weleh...tiap kali dateng ke suatu kota selalu di sambut oleh guyuran hujan :) Jam 14:30 sampe juga di terminal Arjosari-Malang, tp pas baru mau turun dpt sms katanya di minta ke terminal Landungsari, soale temen abang gue itu ada di sana. Yo wis langsung tancap naek angkot ADL yg menuju ke Landungsari. Perjalanannya cukup jauh, hampir sejam sendiri, dan jam 16:00 sampe, sms tmn abang gue, ke kamar mandi. Abis dari kamar mandi, temen abang gue itu dah sampe, lalu dia langsung ngajak ke kampusnya dulu. Di kampus UMM langsung di boyong ke markas FOCUS krn dia mau meeting bersama temen2 FOCUS-nya. Pas baru dtg langsung di kenalin, Hmm...tp spt biasa amnesianya kambuh jadi Suci lupa semua nama tmn2 FOCUS tsb..maafkan ya :(
Jam 18:50-an meeting nya selesai dan gue langsung merengek mau makan, karena dah laper bgt, yaaaa maklum cm sarapan pas brkt dr penginepan di Bromo itu, selebihnya blm makan sama sekali. Dan setelah berkeliling dan smpt bingung mau makan apa akhirnya memutuskan utk makan Cui Mie di daerah [***** - akan di bahas di postingan Kuliner Malang -]. Selesai makan, langsung tancep ke rmh-nya Dian, di mana tmpt tinggal sementara gue selama di Malang. Abis beramah-tamah ama Mama nya Dian, trus tidur deh.

1 June
Abis melakukan ritual pagi [sholat, sarapan, mandi] jam 8:30 siap2 pergi ke Coban Rondo. Lama perjalanan bisa di tempuh dalam waktu 45 mnt dgn menggunakan motor, start dari Jalan Raya Tlogo Mas. Naek angkot sih bisa juga, naek yg ke arah BATU, Cuma klo dr turun angkot jauuuuhhh bgt masuk ke dalam nya. Berkilo2 meter **Hiperbol, eh tapi bener juga dink** belum lagi abis dari gerbang masuk, abis beli tiket juga mask ke dalem lumayan jauh, soale lewatin hutan pinus juga.
Sampe parkiran masih harus jalan lagi utk bener2 sampe ke TKP tapi gak jauh kok. Dan dari jauh udah kedengeran suara2 hantaman air terjun yg tingginya hmm...berapa ya, gue juga kurang tau :D puncratan air juga bisa di rasakan dari jarak +/- 3 meter...dan PERINGATAN bagi yg membawa kamera, ati2 aja ama lensanya...tapi teuteup gue gak mau melewatkan moment utk sedikit bernarsis, walaupun kamera jadi tumbalnya, foto diri gue harus tetep ada :D
Puas bermain2 di Coban Rondo, balik ke rumah Dian, makan siang trus bobo bentar [huehehehe...cape’ bow :]. Sekitar jam 14:00 cabs menuju kantornya Dian, niatnya Dian mau meeting tp berhubung masih belum kumpul semua org2nya, akhirnya kami memutuskan utk nyicip Bakso Bakar Pak Man dulu. Maka berakatlah kami ke daerah [****- akan di bahas di postingan Kuliner Malang -]. Sampe sana langsung pesen makan, trus biasa narsis dikit, lalu jam 3:30an balik ke Kantornya Dian. Nunggu dia meeting, jam 17:00 meeting nya selesai, trus nongkrong **sebenernya duduk2** di sebuah warung tenda depan kantornya Dian. Jam 18:00-an cabs dari situ muter2 kota Malang, akhirnya pas ngelewatin Toko OEN’s gue merasa kudu nyicip Ice Cream di situ **it’s b’coz gue demen bgt Ice Cream**. Lalu duduklah kami dgn bahagia di toko tsb, trus pesen Ice Cream-nya. Arsitektur toko ini emang unik bgt, bener2 msh Jadul, dan katanya cukup terkenal, mempunyai cabang di Malang & Semarang, satu lagi gak tau di mana lupa. Puas cicip Ice Cream, dan puas sedikit berkeliling kota Malang, pas mau pulang ke rmh Dian, mendadak tuh org menganjurkan ke Markas anak2 Foto ITN, tapi sampe sana sepi alias gak ada orang sama sekali **Ya iyalah, pada liburan kali, tgl merah gitu :D** Ya sud akhirnya pulang deh, trus bobo.

2 June
Pagi jam 5 dah bangun, karena niatnya pagi ini mau ke Balai Benih tapi krn Dian masih tidur ya udah gue juga tidur2an lagi tapi abis mandi **Gak penting bgt infonya ya :D** . Akhirnya jam 9:30an siap2 jalan, perjalanannya jg cukup jauh karena ada di Malang Atas, yaaa +/- 45 menit dari Jalan Tlogo Mas dgn menggunakan motor yg berkecepatan 60km/jam. Tapi sebelum ke daerah sana, beli tiket kereta dulu buat pulang. Sampe Balai Benih memang sudah cukup terik cahaya mataharinya, maka di ANJURKAN bagi yg ingin mengunjungi tmpt ini untuk dateng pagi2. Gue yakin kalo pagi suasananya lebih enak, lebih asri. Balai Benih ini adalah suatu tmpt di mana kalian bisa membeli aneka jenis tanaman hias, eh ada bbrp tanaman yg bukan hias juga yg di jual di sini. Harganya bener2 terjangkau bahkan murah. Sebagai contoh, tanaman Mawar yg di pot plastik gitu harganya Rp. 2000/pot. Itu klo bunganya dah mekar, nah klo blm mekar Cuma Rp 1000,-. Tuh gmn gak murah coba ???
Selesai ngitarin perkebunan itu PLUS narsis dikit, balik ke Malang bawah, mampir dulu ke Stadion Gajayana. Di situ nyicip Jus Alpukat Bong'z yg sumpah enak bgt, emang sih cm jus biasa, tp entah kudu wajib coba, coz itu enak bgt. Selain itu jg nyobain Bakpau Chik-Yen, tmpt jualannya di samping tk.Jus itu. Cukup mengenyangkan & cocok buat ganjel perut. Puas makan & nge-Jus trus balik ke rmh Dian, ringkes2 trus tidur2an ampe jam 14:45.
Jam 15:00 pamit ma Mama-nya Dian, trus menuju Stasiun. Jadwal sesungguhnya kereta berangkat jam 15:45, tapi ternyata ngaret ampe jam 16:20. Dan kembali aksi gue slm di perjalanan cm bs tidur wakakakakakkk....Jam 00:00 kereta sampe si Jogja...Membuat diri ini pengen turun trus makan angkringan :D

3 June
Jakarta Aku datang........................................... **alaaaaahhh berlebihan**
Jam 9:30 Alhamdulillah sampe dgn selamat di St. Gambir. Abis dari toilet langsung cabs pulang, cari Bus P.20, ke Mampang trus nyambung lagi ke arah rumah. Dan tepat jam 10 sampe di pintu rumah moengiel ku **Eh rumahnya Pap’s sie :D** dan di sambut ucapan selamat dari adik ku yg paling ganteng **Ya iyalah ade gue cm 1, pasti yg paling ganteng cm dia :p **.
Alhamdulillah, Finally sampe juga di rumah. Akhirnya kesampaian juga ke Bromo, plus sedikit menjelajah Malang. Thx tak terhingga buat Allah S.W.T dan All people who makes make this happen.
Buat Ma-Pa…Maaf kan anak mu yg bandel ini, yg dablek gak blg2 ke Bromo ^_^


Well....next destination lagi di rencanakan, msh seputaran pulau Jawa sih...Hayo siapa yg mau ikutan backpacker-an bareng ???



Foto-2 Bromo bisa di liat di SINI
Foto-2 Coban Rondo ada di SINI
Foto-2 Balai Benih di upload di SINI

5 comments:

zam said...

we e e e..

sudah lama saya ndak keluyuran sendirian..

dasar nasib kuli, ndak bisa keluyuran seenak udel begini..

salam kenal.. dapet link dari si Fame.. :D

Gredinov said...

wahhh..
ke bromo yah??
tampak menyenangkan tuh..
jadi pengen backpacking..
huhuhuhu..

balibul said...

crita doang bikin ngeces...dah ah males liat fotonya ntar malah ngompol lagi gw

soechi said...

# Zam : salam kenal juga...Saya jg kuli kok, ini aja ngurus ijin-nya susaaaahhhh bgt ^_^

# Gredinov : bener Bromo emang nyenengin, Mari ke sana (",)

# Balibul : bagian mana tho yg bs bikin ngeces ???
makanya klo baca pake Pampers biar gak ngompol huehehehehe.....


S 03 CI

Itong said...

Mauuuuu, kalo backpacking lagi ikutan duong! (Mupeng mode on), hihihi