Tuesday, July 10, 2007

Mendadak Out off Plan


Mendaki gunung lewati lembah
Sungai mengalir indah ke samudra
Bersama teman bertualang

(Ost Ninja Hattori - Indonesian version BY ? )


Fiuuhhh…akhirnya selesai juga CatPer pas ke Lembang kmrn, setelah tertunda bbrp minggu karena harus meneliti dan mengubrak-abrik catetan di notes hejo gue PLUS bnyk nya kerjaan yg mesti di selesaikan secara adat. Anyway, kemarin itu [pas tgl 23-24 Juni] harusnya gue bisa mengikuti 3 kegiatan sekaligus, Gathering IBP. Ke Boscha, & ke Tangkuban Parahu, tapi ternyata banyak hal yg di luar dugaan terjadi. So ada 1 kegiatan yg terpaksa di batalin deh. Nah skrg silakan baca aja kisah yg terjadi, bagi yg mau baca. Klo yang gak mau baca ya udah ngapain cape2 buka blog ini hehehehehe….

23 Juni
Pagi hari ada acara Gathering IBP Jakarta yg di adain di Beyond Café. Berangkat dari rumah jam 9 [pdhl acara mulai jam 9 pagi, mau jadi org telat sekali2 :D]. Janjian ama Emil di Jalur 69, abis ketemu langsung ke Musholla dkt tukang Bakso, ketemuan ama Mba Dian trus pas dah ktm langsung menuju Café yg letaknya di depan Pasaraya Blok-M, samping gedung Istana Karya. Sampe sana acara dah mulai, abis registrasi langsung masuk, cari tmpt duduk. Sambil nonton film An Inconvinient Truth di selingi ngobrol2 ama mba Dian & penduduk kanan gue dan kanannya lagi **coz kiri gue mba Dian**

Suasana di Gathering IBP

Jam 11:30 acara nonton selesai, trus diskusi eh penjelasan Mba Yaya perwakilan dari Green Peace & Mas Rusman perwakilan dari .... [sumpah gue lupa apaan]. Keterangan2 yg di sampaikan oleh kedua org tersebut cukup bikin gue gak mudeng, karena ada bbrp hal yg kok rasanya melenceng dari topik **apa gue nya aja yg bodoh ?_? ** Acara ini terus lanjut ampe jam 12 lewat, karena cukup seru juga, saling tanya-jawab, komentar, dll. Gue mulai panik pas tau jam 12:10 msh acara kyk gini, karena jam 1 gue kudu cabs dari situ utk segera bergerak ke Bandung. Akhirnya jam 12:15an selesai juga, dan lanjut acara yg di tunggu2 which is MAKAN hehehehe... **kelaperan mode ON**
Jam 13:00 selesai makan & pamitan ama bbrp org [termasuk mba Dotty yg ktm di saat2 gue mau pulang] gue segera meninggalkan acara Gathering, padahal gue tau bgt acara abis makan siang itu pasti lebih seru karena sharing ilmu & pengalaman Backapacking, tapi bagaimana mungkin gue harus segera cabs ke Bandung. Lalu ku tinggalkan Beyond Cafe dgn langkah lunglai, sambil sesekali melihat ke belakang hiks...Keluar dari Beyond Cafe langsung dapet Metro mini 72 ke arah Lebak Bulus. Perjalanan cukup alot, hampir 1 jam berada di bus itu. Untuk mengurangi ke bosanan, gue yg pergi ama Emil ngobrol2 seputar-putar **gue lupa ngomongin apa aja :D**
Jam 13:55 sampe di Lebak Bulus, trus langsung cari bus ke arah Bandung, dan langsung dapet Prima Jasa yg langsung juga berangkat Fiuhh....Tapi eh tapi...entah karena jalanan Jakarta yg padet bgt apa karena tuh bus jalan nya lambat, Bus tsb baru sampe UKI jam 15:00 gilaaa ya 1 jam sendiri. Gue mulai resah dan gelisah, karena gue kudu sampe Lembang--yg mana dari Bandung +/- 1 jam-- tuh jam 17:00 sedangkan jam 15:00 msh di UKI-Jakarta. Emil mah dgn santai nya cm bs tidur dgn pulesnya ampe gak sadar klo jam segitu kita msh di UKI. Ya udah gue hanya bisa pasrah, dan berharap semua akan baik2 saja, mencoba bermimpi indah, krn di Bus gue Cuma tidur.
Jam 16:55 msh ada di Tol ?...? **gak tau Tol apaan** dan panik, akhirnya langsung telp Boscha minta di tungguin biar msh smpt neropong. Dan Alhamdulillah, pihak Bocsha nya mau nungguin ampe jam 7 malem. Jam 17:20 sampe dgn selamat di Leuwi Panjang, dan langsung cari Bus Damri yg ke arah Ledeng. 10 mnt kemudian bus bergerak meninggalkan terminal menuju Ledeng. Ternyata Bandung klo weekend sama aja kayak Jakarta di hari biasa, MACET..sumpah gak sampe2 rasanya. Mana bus nya jalannya lama bgt, pelan bgt. But finally jam 18:30 sampe juga di terminal Ledeng, tapi berhubung kami berdua sungguh sangat kelaparan, karena dari Jakarta kami hanya bersangu permen karet, bisa kebayangkan dari jam 13:00-18:30 tanpa makan & minum Cuma ngunyah permen karet aja Hikss...
Kami memutuskan makan bubur ayam **sebenernya Emil sih yg milih**. Selagi makan trus tanya2 ke Bapak tukang bubur, perjalanan ke Lembang naek apa, brp lama. Dan ketika Bapak itu blg kurang lebih setengah jam, sedangkan kita masih kudu makan & istirahat. Jadi terpaksa kami berdua pasrah utk membatalkan acara kunjungan malam ke Bocsha hiksssss.....hiksss......Sebenernya sih jam 19:00 kita berdua dah selesai makan, tapi karena nunggu angkot ke Lembang agak lama, jadi jam 19:10 baru dpt angkot dan rasanya klo masih mau maksaiin pergi ke Boscha bakalan sia2 aja, krn waktunya mepet bgt. So ya udah, akhirnya kegiatan kedua itu di batalin, dan sepanjang di angkot kita fokus utk cari penginepan, karena saat itu kami blm tau mau nginep di mana. Akhirnya karena kita pun bingung mau kemana dan gak tau lokasi, so memutuskan utk berhenti sejenak di AlfaMart di dkt Pasar Lembang utk membeli bbrp perbekalan plus sekalian tanya penginapan terdekat di mana. Dan pas tanya ke mas kasir Alfamart, yg paling dkt ada kira2 50 Meter dari situ tapi biasanya dah fully booked, tp di suruh nyoba dulu. Ya udah akhirnya, gue & Emil pun bergerak ke sana, memasuki halaman hotel dgn gambling, krn gak tau apa msh ada kamar kosong ato gak. Setelah ktm dgn front office nya, di sebutkan, Cuma tinggal 1 kamar, dan karena kami sudah malas utk cari2 lagi, so setelah liat kondisi kamar akhirnya memutuskan utk ambil kamar tsb. Kamarnya lumayan kok, ada 3 tmpt tidur Plus bbrp extra bed, kamar mandi lengkap dgn air panas, pokoke utk 4-5 org cukup lah. Eh ada TV pula (“,)
Abis selesai mengurus administrasi, langsung ke kamar istirahat...nonton TV, tidur2an sambil ngemil2 dikit **Emil sih yg gak bs diem mulutnya** gue cuma nonton TV sambil tiduran, dan ketiduran beneran ampe jam 10 malem. Pas bangun, nah si makhluk satu itu masih aja nonton TV sambil ngemil, akhirnya gue siap2 tidur part 2, dan pules seketika tanpa menghiraukan Emil yg masih asik nonton & ngunyah2.

24 Juni

Suasana Pagi Hari di Lembang

Jam 5 pagi alarm HP gue bunyi, trus langsung bangun, Sholat Shubuh, siap2 mandi. Abis mandi packing siap2 chek-out. Dan jam 6:45 kami pun check-out dari hotel tsb, setelah dpt informasi jalan ke Tangkuban Parahu, lalu kami keluar di sambut hangatnya sinar matahari namun dgn hembusan udara yg dingin bgt **maklum Jakarta biasa panas**. Jam 6:50 dpt angkot ke arah Cikole, gue & Emil yg sama sekali belum pernah ke Tangkuban Parahu, Cuma bs clingak-clinguk liat ke arah jendela ngeliatin perjalanan yg kita lewatin. Makin ke atas udara makin dingin, makin sepi penumpang, tp kita blm turun juga, krn berdasarkan info, klo mau ke TP angkotnya itu mentok, mksdnya sampe pemberhentian terakhir. Dan akhrnya pas dah gak ada org Cuma kita berdua, gue tanya ke si sopir, klo mau ke TP tuh turun di mana, minta di ksh tau. Dan si sopir blg akan ksh tau klo dah sampe TP. Ya udah donk kami berdua merasa aman, trus gue lanjut dgn pertanyaan bayar nya brp sampe sana. Dan dia blg, bayar nya Rp. 35rb. Pas tau segitu gue langsung kaget sekaget2nya...An**** kata gue ama Emil, mahal bgt, perasaan td para penumpang bayarnya gak ada yg lebih dr 5000. Trus gue coba tawar2 tuh sopir, tp dia keukeuh, dia blg itu dah termasuk tiket masuk nya. Saat gue msh keukeuh mau nawar, eh Emil malah pasrah...dan dia gak bantuin gue utk nawar. Ya udah si sopir merasa menang, yg akhirnya terjadi kesepakatan utk bayar 35 rb. Awalnya gue pikir 35 rb itu berdua, ternyata 1 org 35 rb... Kacrutt kata gue dlm hati, sumpah mahal aja..tapi mau gmn lagi, dah terlanjur setengah jalan, dan Emil pun fine2 aja, pdhl dia gak bawa duit lebih..dasar emang !

Pic. di Sekitar TP

Jam 7:30 tibalah kami di lokasi, ternyata emang lumayan jauh jarak dr loket-ke lokasi, ada kali 5-6 KM, sama lah kyk di Kawah Putih. Pas baru turun dr angkot, kami berdua langsung di suguhi oleh pemandangan yang unik...sebuah kawah, tapi sayang nya masih di pagerin di sekitar nya, jadi kami tidak bisa terlalu dkt dgn view yg di tawarkan. Lalu kami mulai menyusuri jalan sambil sesekali berhenti dan ambil bbrp foto. Baru 20 mnt kami berjalan tiba2 makhluk2 dalam perut kami berontak minta jatah pagi dan demi memuaskan para makhluk tsb mampirlah kami ke sebuah warung trus beli POP Mie & teh anget. Selesai mengisi ”bahan bakar” lalu kami memulai kembali penyusuran daerah TP di selingi potrat-potret. Semakin ke sana **gak tau Barat/Timur/Selatan/Utara** makin sepi, tapi kami terus melangkahkan kaki menuju sana, karena tertarik ingin melihat Kawah Upas & Goa Air Keramat. Bener2 jalan yg sepi, karena pada saat itu sepertinya hanya kami berdua yg menuju arah tsb. Lalu tibalah kami di persimpangan dia mana ada petunjuk Kawah Upas --> arah kiri dan Goa Air Keramat --> arah kanan. Pas di persimpangan tsb kami bertemu seorang bapak yg dr arah Kawah Upas, smpt tanya mana jarak yg terdekat antara 2 lokasi tsb. Dan Bapak tsb menganjurkan ke Kawah Upas dulu, krn klo ke Goa agak jauh. Lalu mulailah kami menyusuri jalan menuju Kawah Upas, agak bingung, krn kami bener2 gak tau harus jalan ke arah mana ketika sampai di semacam lapangan kecil dan hanya ada warung kopi tapi tanpa ada penjualnya. Lalu kami mulai mencari2 Kawah Upas-nya, cari ke arah kanan, buntu..ke arah kiri, kok agak ragu, Cuma akhirnya nekat utk menuruni batu2 yg ada di arah kiri. Tapi agak bengong ketika melihat medan berikutnya, karena gak ada petunjuk utk ke arah Kawah Upas yg lebih spesifik. Dan dugaan sementara gue kala itu, Kawah Upas ada di sblh kiri kami, yg rasanya klo menuju ke bawah sana agak menakutkan, karena terjal bgt. Akhirnya kami memutuskan utk balik lagi, soale pd saat itu gue dapet ”panggilan alam” yg gak bs di tahan lagi. Pas arah balik, kami bertemu dgn sepasang kekasih **kyk nya sih, apa msh PDKT ?_? :D** . Selain itu kami juga berpapasan dgn Bapak yg tadi, karena msh penasaran dgn Kawah Upas, kami pun tanya lagi dgn Bapak tsb [ternyata Bapak itu yg punya warung satu2nya di daerah situ]. Lalu Bapak tsb nunjukin arahnya, dan pas dah tau, sebenernya tadi arah qta dah bener, cm kita harusnya turun lagi ke arah kanan bawah, baru deh bs liat Kawah Upasnya. Setelah dapet pengarahan dari si Bapak, akhirnya kami mulai menyusuri kembali track ke Kawah Upas, gue pun menghiraukan ”panggilan alam” yg td smpt dtg. Pas ada di tengah perjalanan, ktm dgn sepasang kekasih td, dan akhirnya mengikuti mereka, yg kebetulan si cowok tau arahnya. Ketika sudah sampai lokasi, gue ragu utk turun ke bawah ke Kawahnya, krn mnrt gue agak ngeri, terjal gitu, smpt putus asa gak mau turun, takut jatoh huahahahaha....tapi stlh di yakinkan **di ledek sih sebenernya** ama Emil, gue pun turun dikit2..ngeri kepleset, lumayan klo tiba2 jatoh, batu2 semua jee. Finanlly sampe jg di bawah, trus sedikit membuat prakarya, spt foto di bawah ini :

Prakarya-nya : Emil - Suci

Puas ”maen” di Kawah Upas dan di karenakan ”panggilan alam” gue semakin kenceng..dah teriak2 malah, akhir nya kami pun cabut dari situ. Jalan termegap2 karena buru2, tp mampir dulu sambil istirahat di warung si Bapak yg tadi, Emil pun pesen kopi, sedangkan gue udah panas-dingin...pengen cpt menuntaskan ”panggilan alam” itu. Akhirnya jalan balik jg, jalannya lebih cpt drpd yg tadi, sampe2 ngalahin sepasang itu, pdhl mereka jalan duluan. Pas sampe gue langsung menuntaskan ”semua panggilan alam” yg tertunda itu. Eh pas gue dah selesai, gantian Emil yg pengen ”memanggil alam :D” ya udah deh, selagi nunggu dia gue cari spot2 lucu utk di abadikan.
Jam 10 selesai acara ”panggilan alam” gue ama Emil tadinya berkeinginan langsung balik, tapi ternyata kami berkeputusan utk back to track yg td trus mampir bentar ke Goa Keramat, dah tanggung soale. Lalu kami pun kembali menyusuri jalan nan sepi itu, trus ambil arah ke Goa Keramat. Di tengah perjalanan itu pun agak ragu, takut salah jalan lagi, tapi tetep nekat, dan Alhamdulillah ketemu juga tmptnya. Sempet bengong, krn tmpt nya gak spt yg di bayangkan. Apalagi pas memasuki Goa-nya, baru masuk bentar lho kok dah keluar lagi, cm 5 menit-an menyusuri Goa-nya. Jalannya agak tersedat2 krn gelap buangeeettt....di dalam Goa-nya sendiri ada tmpt buat Semedi gitu. Cm gak smpt ngabadiin soale bener2 gak ada cahaya. Cm bermodalkan lilin, itu jg gak jelas...mungkin klo pake Petromaks bisa kali ambil bbrp gambar. Pas udah keluar dari Goa, istirahat bentar trus langsung balik lagi ”turun”. Sampe di bawah, pas mau pulang mampir dulu di salah satu warung dan beli pis-gor yg tampang nya menggoda kami berdua. Selesai makan & nge-teh trus balik ke arah pulang, naek ke salah satu angkot yg arah Lembang. Di angkot tsb baru kami penumpang nya yg membuat angkot eh Elf tsb ngetem dulu ampe lama. Kita pun dgn sabar nunggu, tp Emil mulai gak sabar stlh hampir 1 jam kami nunggu tp Elf nya gak gerak sama sekali. Akhirnya Emil turun, nyamperin sopirnya minta utk segera jalan. Tapi si sopir minta bayaran tambahan kalo mau brkt saat itu jg, pdhl td setuju klo ke Lembang Cuma bayar 10 rb. Terang aja Emil & gue mau ngamuk rasanya. Cuma pas begitu mau pergi dr angkot tsb, eh si Sopir blg cm nambah 5 rb aja, ya udah drpd kelamaan akhirnya kami pun setuju **Cuma mau ngelurusin, bukannya kami gak mau bayar lebih, tp saat itu duitnya tinggal buat pulang aja, secara di TP gak ada ATM :D**
Jam 13:40 sampe juga di Ledeng, trus langsung cari makan siang dulu. Abis itu telp temen gue di Bandung, mau ketemuan. Sedangkan Emil memilih utk cari travel biar langsung pulang. Selesai makan langsung cari angkot ke arah Ciwalk, karena gue janjian ama temen gue di sana, sedangkan Emil mau naik travel di daerah sana juga. Gileee...daerah Ciwalk macet bener saat itu, dah berasa kyk di Jakarta lagi :) Dan ketika sampe Ciwalk, langsung cari sasaran utama, which is ATM...karena kami berdua bener2 dah gak ada duit, Cuma ada sisa 2000. Setelah menguras tabungan secukupnya, langsung cari temen gue yg dah nunggu di depan Platinum. Abis ketemu hannybunnysweety langsung ke Ekstrans, nemenin Emil yg berencana pulang duluan ke Jakarta. Dan jam 16:30 Emil pun berangkat naik Ekstrans, lalu gue ma Han's jalan ke arah Jalan Laswi, mau ke Cizz Cake. Cizz Cake itu tmpt jual cake2 yg hampir semua menunya di padukan dgn cheese cake, agak kecil sih tmptnya, Cuma ada 2 pasang bangku utk 2 org, trus 1 meja dgn 4 kursi. Makanya kyknya cocok buat nge-date. Di sana gue pesen Blackforest Cheese Cake, klo Han's Tiramisu Cheese Cake, trus ngobrol2 deh. Sekitar jam 17:30 gue & Han's keluar trus langsung menuju ke kost-nya dia. Istirahat & numpang mandi di sana, trus abis itu jam 19:05 keluar cari makan malem, dan sekalian gue mau balik ke Jakarta. Makan di warung Sate Padang di depan kampus Unpad Dago. Selesai makan gue msh berencana mau jalan2 dulu bentar selagi nungguin jadwal pulang ke Jakarta yg mana jam 21:00. Tadinya mau ke lapangan **gak tau lapangan apa** yg ada di deket lokasi makan, Cuma pas dah ke situ tmptnya kurang menarik, so gue merengek minta di temenin ke kampus ITB, krn dari dulu gue klo ke Bandung belum pernah tuh yg namanya menginjak kaki ke kampus tsb. Ya udah deh, akhirnya gue ke sana di temenin Han's & temennya. Dan berhubung malem itu gelap bgt, jadi foto2 yg di hasilkan pas ke ITB kurang bagus. Dan gaya narsis gue juga harus di redam krn agak tengsin aja **huahahaha....masih ada urat malu nya juga gue**. Sempet di tunjukin Gedung tmpt temen gue itu mencari ilmu, dan ada kolam yg katanya itu berbentuk kepulauan Indonesia.

Di Depan FMIPA - ITB


Jam 20:30 gue cabs dari kampus ITB, trus langsung ke Markas Bimo Trans-Travel yg gue pilih buat balik ke Jkt slth bbrp pertimbangan, krn markas di Jkt dkt ma rumah gue. Sampe di sana, foto2 lagi sembari nunggu jam keberangkatan jam 21:00. Pas lagi nunggu gitu kan ada penumpang yg jg baru dtg, gue smpt shock berdiri krn gue liat salah satu nya mirip bgt ama ---tuuuttt sensor--- asli..sumpah gue kaget mampus. Kirain DIA, cuma ternyata pas gue tegesin bukan...jadi malu :D. Lagian gak mgkn jg DIA, lha wong tuh org aja gak negor or ngenalin gue..gak mungkin kan heheheh...Lalu akhirnya tepat jam 21:00 mobil pun bergerak jalan, tuh cowo duduk di dpn gue, DAMN seandainya di samping gue, bakalan gue ajak ngobrol2 tuh **huahahaha...NGAREP :p **
Sepanjang perjalanan gue Cuma bs istirahat, cape’ soale. Maunya ngobrol2 ama samping gue, tp rasanya dia jg lelah bgt kyknya. So akhirnya cm bs tidur aja di mobil. TAPI ketika di tengah perjalanan, gue mulai merasakan ketidak-nyamanan posisi. Karena org samping gue dgn sedikit memaksa mengambil alih wilayah tmpt duduk gue..SIAL tuh org :p gue dah berusaha sok-sok nyenggol kaki nya biar dia bangun dr tidurnya dan agak menggeser posisinya, eh ya kok dia nya malah masih terlelap pules. Gue yg dah di pojok jadi semakin terpojok deh..kacruutt !
Jam 23:00 finally dah sampe UKI, dan org sblh gue itu turun..mayan sedikit lega. Trus di Daerah Tebet, cowo dpn gue yg mirip ama ---tuuuttut sensor--- itu turun juga..hiks, gak smpt ngobrol deh =D And then 10 menit kemudian gue sampe rumah deh, trus sampe kamar siap2 bobo. Soale Seninnya dah bnyk kerjaan menanti ^_^





NB:
Baru inget pas posting ini, ada kejadian yg cukup bikin gue heran slth di inget2. Jadi pas lagi pertama kali gue bingung arah ke Kawah Upas, pas sampe yg lapangan kecil itu kan gue smpt cari2 letak Kawah Upasnya sampe agak ngubek2 dikit hutan, masuk ke semak2, soale pas di situ gue denger suara rame2 gt kyk ada yg kumpul2, jelas bgt suaranya. Bahkan Emil pun denger, tapi pas gue agak mendekati sumber suara kok malah gak ada, malah ilang suaranya. Cuma saat itu gue cuek aja, krn mgkn saat itu gue cm fokus cari Kawah Upas. Dan gue baru sadar hari ini, pas ngeposting ini, dan smpt ngebahas ama Emil juga, gue ama Emil pun berpikir keras suara2 itu suara siapa...karena setelah di inget2 lagi, bahwa ketika kami ke sana, pas baru sampe itu gak ada orang lain selain kami...So ?
Ini Foto2 perjalanannya

7 comments:

CempLuk said...

wah perjalanannya mengasyikkan sekali :)

gredinov said...

gambar gath di BIP kok kayak orang rapat yah..
hehehe..

aku link ya blognya..

rime said...

kalo kamu berencana wiken di Bandung karena mengincar suasana hening dan hikmad, ANDA SALAH BESAR. secara wiken adalah waktu di mana semua orang jakarta berbondong-bondong hijrah ke bandung.

btw, ga perlu tengsin foto2 di ITB. becoz you are not the only one. banyak banget loh orang2 yang suka foto2 di kampus ini. sekarang kan kampus ini jadi salah satu 'objek wisata' kota bandung, hahaha.. kampusku sayang kampusku malang.. =p

dotty said...

Walah..tnyt gak jadi neropong bintang tho'? Tuh kan, gak ajak2 aku siy..hehehe=P Yo wis, next time aku ikutan ya kalo mau ke Boscha lagi. Penasaran niy neropong bintang dsana =)

orang yang mirip --tuut sensor-- said...

ya? saya kan nyamar..

*siul-siul sambil memandang ke atas*

soechi said...

# Cempluk : Yaa lumayan lah, melepas penat :)

# Gredinov : Bukan BIP tapi IBP [Indonesian Back Packers]..dan itu emang sambil nonton film yg layarnya ada di depan

# Rime : Iya Rim' tar klo ke Bandung lagi, ITB akan gue masukin list wisata nya hahahaa...

# Comment 5 : Nyamar ya ??? Hmm...awas nubruk, klo nyiul gak usah sambil memandang ke atas :p


S 03 CI

Tamara said...

Ci,klo gw dah ad duit lbh dr gaji yg gw trima nnt2nya,mau kn lo,gw,dn Ana jln2 kluar kota (klo lo ud prnh,brkli2 jg gpp kn?).Gw pny satu hasrat yg blm trpenuhi dr dulu,yaitu..gw pngen travelling (ga usah kluar negri dulu,kluar kota ajah..).Travelling&take photos,gw bgt!Okeh?!