Tuesday, July 31, 2007

Ujung Genteng..Yang Bener2 di Ujung


Di sini senang
Di sana senang
Di mana-mana hati ku senang
Oeeoo....

(Lupa judule BY Gak tau juga)

SC (Sebelum Cerita) : another BASI story lagi nih...maap deh :)) oia..krn cerita ini panjang bgt, maka siapin snack & minum yg bnyk klo mau baca...hehehehehe....
Jadi tgl 13-15 kmrn gue mencontreng lagi list tmpt yg jadi tujuan gue di 2007 ini. Awalnya ragu gak bs ikut, krn kmrn-an kan baru ke Lembang, lagian wkt itu ada salah satu tmn yg bersedia nganterin ke sana, tapi akhirnya memutuskan utk ikut ”rombongan” [Darwin, Mas Heru, Tri, Joe, Erni, Mamad, Desi, Emil & Aryo] yg gue pun blm pernah ktm ama mereka kecuali Emil & Aryo. Hmm...mau tau bagaimana perjalanan gue kemarin itu...yuuukkkkssss baca selanjutnya ^_^

13 July
Jam 9 pagi sampe jam 17:00 training full day di showroom. Begitu keluar dr training room, langsung buru2 beresin kerjaan yg tertunda. Abis magrib, siap2 sambil nunggu Aryo yg katanya mau bareng ke Kp. Rambutan which is tmpt kumpulnya. Jam 19:00 Aryo dateng, dan tanpa babibu gue, Emil & Aryo langsung cabut ke Kp. Rambutan, 45 menit kemudian tibalah kami di terminal itu. Sampe situ blm ada anggota rombongan yg dtg **ya iyalah, perjanjiannya kan jam 20:00** bahkan Darwin yg menjadi penggagas pun blm dtg. Karena kita ber-3 blm pada makan malem, ya udah sambil nunggu yg lain, kami makan di salah satu RM yg ada di dlm terminal. Selesai makan, msh blm pada dtg juga rombongan itu, akhirnya gue, Emil & Aryo nunggu lagi di luar RM…dan pas abis gue dr kamar mandi, ternyata Darwin & Desi dah dtg, tp nunggu di dalam. Ya sud nyusul mereka ke dalem terminal, sambil nunggu yg lain. Ternyata mas Heru dah sampe, trus kenalan2 and ngubrul2. Akhirnya dateng Mamad di susul Joe bbrp mnt kemudian trus terakhir jam 21an dtg lah Tri dn tmn nya si Erni. Planning awal msh ada bbrp org yg ikut lagi, tp ternyata mendadak meng-cancel akhirnya cm 10 org yg fix ikut.
Sekitar jam 21:15 kami siap berangkat menuju Sukabumi, tapi berhubung bus nya dah gak ada, jd kami memutuskan utk naik bus yg ke arah Ciawi dulu. Bus ekonomi pun dapet **gue lupa nama bus nya** langsung cari tmpt duduk yg kebutulan kosong juga....tapi bbrp menit nunggu bus nya gak jalan2, dan Darwin pun turun tangan **tangannya turun beneran, buat naikin celana =D** langsung menuju ke supir bus, dan entah di bujuk rayu dgn apa akhirnya si supir pun segera naik ke kursi supir dan mengendarai bus supaya baik jalannya jalan saat itu juga...
Jam 21:45 Bus bergerak pelan keluar terminal Kp.Rambutan, mulanya gak terlalu penuh, tp pas sampe jalan baru tambah bnyk yg naek, trus jd penuh deh. Karena gue ngantuk bgt saat itu, akhirnya gue tidur sambil MP3 player yg terpasang di telinga gue. Jam 22:50 tidur gue terusik oleh suara2 dr blkg, di tambah senggolan Emil yg duduk samping pak kusir gue yg memaksa gue harus mengakhiri tidur gue. Ternyata udah sampe Ciawi, wahhhh gue tertidur lelap hehehehehe......
Abis turun bus langsung cari Angkot eh Elf eh apa ya…pokoke kendaraan yg ke arah Sukabumi deh, langsung dpt, cm agak ragu krn spt nya gak muat...tapi stlh di tata dgn rapi, akhirnya kami semua bs masuk ke dlm kendaraan tsb. Di sepanjang perjalanan menuju ke Sukabumi, agak sulit tidur buat gue, krn selain si supir membawa mobilnya dah kyk org kesetanan..ngebut gila, gue jg lumayan cukup tidur pas di bus td.

Baru sampe Sukabumi...di warung tenda nasi goreng

14 July
Jam 00:00 sampe dgn selamat di terminal kota Sukabumi **huaaa lupa nama nya** tapi kami tidak beruntung krn dah gak ada angkot yg ke Surade, baru ada jam 3 pagi..ya udah akhirnya kami pun memutuskan utk menunggu, sambil makan di sebuah warung tenda Nasi Goreng. Sambil makan sambil cari2 angkot or sebangsanya yg bs di carter buat ke Surade. Jam 01:15 akhirnya ada jg angkot yg mau kami carter sampe Cikaso stlh negoisasi yg alot pastinya. TAPI....ternyata kami di bodohi, di bohongi..taunya tuh angkot cm nganter kami sampe Terminal Lembursitu...Siyaaalllll..... Si supir angkot berdalih klo angkotnya gak mgkn bs sampe ke Surade krn jalanannya kondisinya gak mungkin di lalui dgn angkot model kyk itu. Siyaallll kata gue, kenapa gak blg dr awal..merasa tertipu...mulai argumen dgn org2 yg ada di situ, bbrp tukang ojek, supir angkot lain & bbrp org yg entah jabatannya apaan. Sebenernya gue pribadi agak ngeri, soale di situ kan kami orang ”luar” mana WKP (Waktu Kejadian Perkara) jam 1:15 dini hari, trus gak ada yg kita kenal pula. But Alhamdulillah gak terjadi hal2 yg di luar pikiran hanya di luar dugaan aja he3x...akhirnya kami pun setuju utk mengganti kendaraan, yg memang di tujukan dgn trayek ke Surade.
Jam 2:00 kami brkt ke Surade dgn kendaraan yg lebih besar [Elf] dr angkot yg td. Dan kami semua pun sepakat tidur di sepanjang perjalanan itu krn perjalanannya akan sangat jauh, selain itu kami harus istirahat agar stamina bs kembali fit esok pagi. Ternyata jalur yg kami lewati cukup parah...berliku2, tikungan yg hampir membentuk sudut 90 derajat, jalanan gak rata yg membuat kami sering ber-gujlak-gujluk...ya pokoke mirip lah kyk naek halilintar, yg di banting sana-sini..makanya kadang2 gue terbangun krn hentakan yg bener2 dahsyat. Sekitar jam 4:00 dini hari Elf tsb berhenti in the middle of nowhere, ternyata si supir istirahat makan..thx God bgt, soale gue kebelet pipis :)
Di sela2 nunggu supir makan, gue melihat percakapan antara Mas Heru, Darwin, Joe, Erni, Tri [maap klo ada yg gak ke sebut..Harap Lapor gue!] dengan salah satu penumpang yg mengantarkan kpd sebuah kesepakatan utk mencarter angkot si penumpang tsb. Setelah supir Elf selesai makan, jam 4:20 perjalanan di lanjutkan dan 40 mnt kemudian sampailah di rmh si Bapak penumpang yg bersedia di carter angkotnya yg belakangan di ketahui bernama Kang Wawan. Di rumah kang Wawan, kami istirahat dulu sambil meluruskan kaki yg agak berbentuk hurup L krn nekuk mulu. Numpang sholat & sarapan yg kami dpt dr hasil nodong istri kang Wawan bawa dr Jakarta **sebenernya cm Darwin sih yg kumpilt bawa makanannya..bahkan roti tawar plus selai coklat pun dia punya**. Jam 6:10 kami siap berangkat menuju lokasi pertama yaitu Curug Cikaso..wuihhh gak sabar buru2 nyebur..dah peliket bener saat itu. Perjalanan menuju curug tsb cukup aman terkendali dgn bbrp pemandangan yg memukau. Tiba di lokasi, ternyata eh ternyata bukan curug yg kami dapatkan melainkan hanya Jembatan. Jegeerrrr...!!! rupanya kang Wawan hanya tau yg namanya Cikaso itu adalah sebuah Jembatan bukan Curug..**wedewww knp gak blg dr awal kang :) ** Tapi karena dah terlanjur juga, ya udah kami pun gak menyia2kan wkt utk sekedar berfoto ria walau hanya bbrp menit.

Jam 6:45 cabut dari jembatan Cikaso, langsung cari alternatif tmpt wisata lainnya. Setelah cari di google earth buka2 lembaran informasi yg Darwin bawa lalu di putuskan scr bersama utk mengunjungi Curug Cigangsa dan ½ jam kemudian sdh berada di Curug Cigangsa. Curug ini terkesan kering sekali, karena debit airnya sedang gak bnyk. Hampir 1 ½ jam kami habiskan waktu di Curug ini sambil futu2 pastinya. Puas di situ perjalanan di lanjutkan, kali ini kami langsung menuju Pantai Ujung Genteng. Tapi di sela2 perjalanan sambil clingak-clinguk cari warung nasi utk sekedar membeli sepiring nasi demi memuaskan cacing2 perut masing2. Kang Wawan pun menyarankan utk makan di terminal Baru Surade, lalu berangkatlah kami ke sana. Selesai makan Jam 9:15 dan perjalanan pun di lanjutkan. Di tengah perjalanan menuju Pantai Ujung Genteng, kami berencana mengunjungi sebuah curug lagi, namanya Curug Ciruti **CMIIW** tapi kami agak kesulitan mencari curug tsb, krn kang Wawan pun juga gak tau. Walhasil kami smpt nyasar, pdhl dah lumayan mendaki bbrp ratus meter di tengah teriknya panas matahari. Akhirnya kami menyerah, krn kami tdk menemukan tanda2 suara air terjun. Pas kami memutuskan utk turun dan kembali ke angkot, kami di beritahu oleh seseorang klo jalan yg kami masuki salah, harusnya lewat jalan sblmnya... **pantes kan gak ktm curug nya :)** ketika akan kembali melanjutkan perjalanan ada tukang es... es apa ya namanya ? pokoke semua pada suka, jadi kami ngaso di pinggir jalan sambil minum es itu. Sekitar jam 11 kami lanjut lagi, kali ini langsung menuju ke Pantai.

Jam 11:30 sampe juga di penginapan Hexa, yg udah di tek-in Darwin. Abis check-in istirahat bentar, dan jam 13:00 langsung deh brkt lagi ke Pantai ..... **Help me namanya dunks ?** sampe sana langsung berpencar sesuai hati nurani, ada yg foto2 [termasuk gue] ada yg snorkling eh apa berenang ya ?!?! tapi akhirnya kami semua bersatu, berkumpul kembali di private pantai buat sekedar main cipik2 air =D Jam 15:00 kami bergerak kembali ke penginapan, namun mampir ke Pasar Ikan dulu. Tadinya mau sekalian beli buat makan malem, tp entah knp gak jd. Lalu kami pun kembali ke penginapan. Langsung mandi yg masing2 org gak boleh lama2. Oia di penginapan itu tepatnya di bungalow yg kita tmptin, sebuah GARPU sangat memegang peran penting..hehehe, mau tau knp ? adaaaaa ajjjjaaaa.... :p
Sekitar jam 17:00 kami semua keluar utk menikmati sunset. Agak sayang kala itu cuaca nya kurang bagus, jd sunset nya gak dpt. Eh apa gue nya aja yg moto nya gak bisa hehehehe....jam 18:00 pesen makan malem, di restoran Hexa. Acara makan malem pun di selingi oleh candaan2 hangat dr semuanya **alaaahhh bhs gue**. Selesai makan malem, balik ke ”rumah” trus acara bebas, ada yg maen kartu [Emil, Erni, Darwin, Desi, Mamad] ada yg tidur [Tri, mas Heru], ada yg nonton TV [gue & Joe] dan ada pula yg gak jelas ngapain [Aryo]. Gue dgn anteng nya **eh gak anteng sih :p** nonton bola AFC yg saat itu Indonesia VS Arab Saudi. Tapi sayangnya Indonesia harus kalah 1-2 dan kekalahan tsb hanya sekitar 2 mnt sblm babak kedua berakhir...huaaaaaaaaa..........emang dasar Arab nyebelin, wasitnya jg gak adil...hiks...sebel...sebel....selesai nonton bola gue langsung brkt ke Penangkaran Penyu yg jaraknya -/+ 7 KM & harus di tempuh dgn ojek. Awalnya pas dtg ke Ujung Genteng semua pd semangat liat penyu eh tp pas malem itu mendadak cm gue, Tri, mas Heru & Joe aja yg pergi...tanya kenapa ?_? Jam 21:45 sampe di Cagar Alam, stlh ngurus administrasi langsung di antar ke daerah pantainya. Di sana gelap bgt, sama sekali gak ada cahaya. Konon katanya klo ada cahaya biasanya si penyu gak mau dtg ke tepi pantai. Sampe pantai kita gak cm ber-4 ternyata udah bnyk org2 dgn tujuan yg sama. Kita harus nunggu juga sampe si penyu dtg utk bertelur. Lamaaaaa....bgt, ada kali 1 jam-an. Mana pas saat itu kudu jalan 1 KM utk bener2 sampe ke penyunya...wahhh pokoke cukuplah pengorbanan kita. Selesai liat penyu yg gak jd bertelur **hiyaa cape deh** langsung balik ke penginepan..Sssttt ada kejadian yg cukup memalukan buat gue...GUE SALAH MELUK ORANG huaaaaa......tadinya gue mau pegangan ama Tri, krn kan gue jg takut ilang secara di sana gelap pisan, eh lha kok gue malah meluk seorang BULE huahahahahaha.....tapi tuh bule diem aja, gak nolak gitu...wakakakakakkkk....pantes kok tangannya Tri rada keker gitu, ternyata salah...huahahaha malu...untung gelap, gak ada yg liat, nah mslh nya Bule itu..gue gak jelas mukanya, tp pastinya ganteng hehehehehe.....jam 00:45 sampe penginepan trus langsung bobo deh.

15 July
Jam 5:00 gue bangun dgn mata yg msh agak sepet kyk lepet, trus langsung cuci muka+sikat gigi, cari cemilan sisa **laper boww** abis itu ngajak Erni yg jg dah bangun utk berburu Sunrise..soale yg lain msh pd tidur. Setelah menulusuri pantai yg ada di dpn penginapan spt nya gak bakal ada Sunrise soale letaknya di barat hehehe...lalu gue ama Erni jalan menuju pasar ikan, yg ternyata jarak nya jauh bgt..yaaa lumayan lah 1-2 KM hehehee....sampe sana mendung, gak dpt Sunrise yg bagus, tp yaaa gpp. Pulang dr situ makan bubur dulu. Trus balik ke penginepan naek ojek jam 7:30an. Ternyata semua pd kumpul di pantai lagi, buat futu2 **again ??? ya iyalah he3x** sambil selingan candaan di pagi hari **hayaaahhhh bahasa kambuhan**.
Sekitar jam 9an kami check out dr penginapan trus langsung meneruskan perjalanan dgn kembali menggunakan angkot kang Wawan yg sdh dtg dr jam 8:30. Next destination adalah Gua Gn. Sungging, jarak tempuh dr Hexa -/+ 1,5 jam dgn kecepatan angkot sedang. Sampe lokasi kami langsung di antar ke rmh sang Kuncen which is Bpk Entab, abis ngubrul2 bentar langsung kami di bimbing ke Gua tsb. Sebelum bener2 mamasuki Goa, kami di beri petuah2 lagi oleh Pak Entab, dan akhirnya sekitar jam 11 kami pun mulai memasuki Goa. Goa nya bener2 gelap, dan cukup licin di pintu masuk, gue aja smpt kepleset. Well overall Goa nya keren..beneran Goa, bukan cm Goa yg dlm wkt kurang dr 5 mnt udah keluar lagi **terbayang Goa yg di TP** tapi sayangnya kami hanya bs di dlm situ selama -/+ 30mnt, karena ada salah 2 **eh salah brp ya ??** dr tmn yg sptnya gak bs meneruskan perjalanan menyusuri Goa tsb. Hmm... padahal msh penasaran, pengen terus jalan ampe nemuin jalan keluar di entah berantah..tp mgkn lain kali ke sana lagi. Maap deh klo kmrn agak sedikit memaksa, itu terjadi krn gue terlalu excited..sampe2 terperosok ke lubang yg gak ada dasar nya :D

Keluar dr Goa balik ke rmh pak Entab, trus abis cuci2 & minum2..kami pun lanjut lagi ke destination terakhir yaitu Curug Cikaso. Jam 13:00 kami sdh ada di wilayah Curug Cikaso, smpt di tawarin utk naik perahu tp kami menolak, lalu kami pun berjalan beriringan menyusuri jalan menuju Curug. Smpt kebingungan jg krn gak ada petunjuk jalan trus dan gak ada 1 org pun di antara kami yg sdh pernah ke curug itu, di tambah juga sepanjang perjalanan cukup sepi, gak ada org lewat. Tapi akhirnya ketemu jg dgn bbrp pemuda dr arah berlawanan, langsung deh di todong dgn pistol dgn pertanyaan arah curug cikaso.Finally sampe juga...Subbahanallah keren bgt Curug nya..bagus deh...seneng gue liat nya. Langsunglah gue mengabadikan bbrp gambar. Puas futu2 dan sedikit merenung, akhirnya jam 14:00 kami bergerak meningalkan Curug Cikaso. Setelah istirahat bbrp menit lalu angkot pun melaju ke arah Surade. Di pertengahan jalan **entah jalan apa** yg ada mesjid nya kami berhenti utk sholat, trus ternyata kami di info kang Wawan ada Elf yg langsung ke arah Sukabumi. Ya sudah kami pun berganti kendaraan yg akhirnya membawa kami ke Sukabumi. Di Elf itu kami pun sdh hampir kehabisan tenaga...cm bs tidur **eh apa cm gue ya ?_?** yang pasti gue baru sadar pas jalanan mulai gak rata, mulai ada tikungan 90 derajat lagi, mana kyk nya kok lebih lama drpd pas dtg...tanya kenapa ?_? rute dan gaya jalan Elf ini sukses membuat salah satu dr kami ingin segera hueeekkkkk [tau kan mskdnya ??? hehehe..] hayooo sapa kmrn yg mau hueekkk ??? **tunjuk ---sensor---:D **
Jam 18:00 kami tiba di terminal Lembursitu, dan stlh ada bbrp yg ke WC dulu, lalu kami naik angkot ke Terminal Kota Sukabumi. Sampe sana sblm balik ke Jakarta kami makan dulu di RM Padang. Selesai makan langsung naek bus arah Depok [krn yg arah Jkt dah gak ada]. Harusnya di bus menuju Jakarta itu gue bs sekedar meng-istirahatkan mata yg mulai 5 watt, tapi gue di hadapkan oleh sebuah kenyataan yg memaksa gue utk gak bisa tidur, huaaaaaa.............pdhl tmn2 yg lain pada pules tidur. Sekitar jam 22:00an bus sdh masuk daerah Bogor dan gak lama dari itu gue, Emil, Aryo, Darwin, Desi, Joe, dan mas Heru turun di daerah... **Hmm..di mana ya ??? rada amnesia nih :p** trus lanjut naek angkot ke arah Ps. Rebo. Dari situ, gue berpisah ama Emil, Joe, mas Heru & Aryo yang akan lanjut ke rmh masing2 dgn naik taksi. Sedangkan gue nunut ama Darwin ke arah Cililitan naek M.06 dari Cililitan nungguin Kopaja 57 dah gak ada, akhirnya naik taksi ke arah Blok-M. Gue sampe rmh jam 10:30an trus langsung beres2 bentar dan jam 00:00 sleeping beauty deh ^_^

What a Great-Crazy journey...It’s true !!!!
Thx to all : Darwin, mas Heru, Joe, Mamad, Aryo, Emil, Desi, Tri & Erni…kapan2 jalan lagi yukkksssss…. (“,)


Share foto ada di SINI, SINI, dan SINI

6 comments:

heRRu said...

seru ya petualangannya... sayang saya di surabaya... padahal puengen banget jalan jalan ke ujung genteng dan jalan jalan ke baduy dalam...

rime said...

sori nih, belum dibaca.. pan lagi BUSY, hahaha..

gua pernah tuh ke sana. GUA KAPOK.

tapi gua belum pernah ke air terjunnya :(

dotty said...

Hiks... soeci gak ngajak2 siyy?? =(
Kapan2 mau dunks ikutan ke ujung genteng, ajak lhoo! hehehe =P

soechi said...

# Herru : Dari Surabaya kan bs ke daerah Jatim, Jateng..bnyk jg kok yg bagus2 ^_^

#Rime : BUSY CETING luh ya :p
Kapok napa ? gue aja pengen jajal lg ke sana hehehehe...

# Dotty : Wahhhh mba aku jg sedikit dadakan... (",)


S 03 CI

Anonymous said...

mmmmmmmmmmmm...........
pe.......nge......nnnnnnn
ba..........nge.......ttttt
apalgi kalo perginya ma pacar pzti seru banget tuch..
kira-kira ntar mu berpetualang kemana lagi?? hehehehe
seru tuch kayaknya...

Diandra said...

WALAHH..lg blogwalking nyari info ujung genteng, tau2 liat muka yang dikenal. DArwinn..piye kabaree tuh anakk. Salam ya.